DSC04391

Ciri Khas Motif Batik Madura

Setiap daerah di Indonesia saat ini sebagian besar sudah memiliki motif batik yang menunjukkan ciri khas daerah di mana motif batik itu berasal. Ciri khas batik selain dipengaruhi oleh history sejarah daerah tersebut juga dipengaruhi oleh karakter masyarakat setempat. Selain bisa dilihat dari motifnya, ciri khas batik dari suatu daerah juga bisa dilihat dari warnanya. Contohnya batik Solo cenderung warna tanah atau sogan, dan batik lasem cenderung menggunakan warna2 yang soft.

Sedangkan untuk batik Madura, ciri khas warnanya adalah menggunakan warna-warna yang berani atau ngejreng. Penggunaan warna dasar seperti warna Merah, Kuning, Hijau dan biru banyak digunakan pada motif batik tulis madura.

Motif batik di daerah Pamekasan Madura cenderung lebih modern dengan warna-warna yang lebih berani, sedangkan di Tanjung Bumi warnanya cenderung lebih gelap walapun tetap ada sentuhan warna yang berani. Motifnya pun lebih “miyayeni” (bangsawan). Batik Tulis di Tanjung Bumi juga dipengaruhi oleh kualitas air yang digunakan untuk perendaman yang konon katanya jenis air di sana membuat batik Tanjung Bumi terlihat semakin bagus

Macam-macam motif batik tulis di Madura bisa dilihat di http://batikmaduraonline.com

Leave a Reply